//
Profil Jamur Kombucha

Jamur kombucha merupakan membran jaringan-jamur yang bersifat gelatinoid dan liat, serta berbentuk piringan datar. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yang tumbuh dengan cara germinasi. Pada mulanya, piringan jamur tumbuh meluas pada permukaan teh lalu menebal. Kombucha adalah jamur teh yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Penyembuh berbagai macam penyakit ini semakin banyak digunakan di rumah tangga di berbagai negara di Asia.

Kombucha tea (teh kombucha) merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum) dan di fermentasi selama 8-12 hari. Kombucha adalah suatu ramuan minuman kuno, yang merupakan hasil dari simbiosis murni dari bakteri dan ragi kombucha yang berasal dari Asia Timur, dan sampai di Jerman melalui Russia sekitar akhir abad lalu.

Kombucha berfungsi sebagai penyembuh terhadap berbagai macam penyakit ini telah di gunakan berulang kali dirumah tangga diberbagai negara Asia. Jamur tersebut terdiri dari gelatinoid serta membrane jamur yang liat dan berbentuk piringan bulat serta hidup dalam lingkungan nustrisi teh-manis yang akan tumbuh secara berulang sehingga membentuk susunan piringan berlapis.

Masyarakat dunia biasa menyebutnya jamur ajib, ramuan ajaib, jamur dipo, olinka, mogu, kargasok tea, olga spring, fungus japonicum dan masih banyak sebutan yg lainnya. Ramuan ini banyak mengandung vitamin alami, ragi, bakteri baik seperti acetobacter xylinium, xylinoides, gluconicum, acetobacter ketogenum, pichiafermentanes, dantorula varietes. Vitamin yang terkandung seperti vitamin B KOMPLEKS B1, B2, B3, B6, B12, B15, VITAMIN C, asam folat, asam glukoronat, asam asetat, asam hyaluronic dan asamchondroitin sulfat, asam laktat, acetaminophen, asam amino esensial, enzim, antibiotik, usnic acid (agen antivirus dan anti bakteri), polifelon dan masih banyak kandungan yg lainnya. Menurut para peneliti dunia, ramuan ini sangat dahsyat manfaatnya, ibarat kita punya dokter pribadi bila Anda mau memilikinya.

Dari beberapa penelitian, ditemukan bahwa kombucha sangat baik untuk:

  • Mengobati sembelit
  • Memperbaiki kondisi tubuh
  • Bermanfaat melawan arteriosclerosis
  • Memulihkan fungsi alat pencernaan
  • Bermanfaat bagi penderita stres mental
  • Menawarkan racun
  • Membunuh kanker, termasuk PROSTAT

Minuman kesehatan kombucha itu sebenarnya teh juga, tapi mendapat pengolahan tambahan berupa proses peragian atau fermentasi menggunakan jamur kombucha. Proses peragiannya mirip dengan proses penciptaan yoghurt, yang dihasilkan dari fermentasi susu dengan bibit ragi yoghurt. Jamur kombucha sendiri bukan jamur yang sebenarnya. Ia sebuah koloni dari hasil simbiosis antara ragi dan berbagai bakteri, yang dikenal dengan singkatan “scoby” (symbiotic colony of bacteries and yeasts). Jamur itu akan mengolah air teh gula, sehingga menghasilkan zat-zat atau senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh. Larutan kombucha juga mengandung beragam bakteri dan ragi hidup yang juga memiliki banyak manfaat.

Jika Anda belum pernah minum Kombucha sebelumnya, ada baiknya Anda mengkonsumsi Teh Kombucha dalam jumlah yang sedikit dahulu agar tubuh dapat membiasakan diri.

Jika Anda memiliki sejarah kesehatan yang kurang baik atau sedang dalam kesehatan yang kurang baik, maka Anda harus mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih sedikit lagi untuk mencobanya. Anda harus memperhatikan efek samping dari tubuh Anda dan mengenal bagaimana dengan kesehatan Anda sendiri, sehingga Anda dapat memutuskan berapa banyak dosis yang bisa Anda minum. Silakan berkonsultasi dengan praktisi kesehatan Anda jika Anda tidak yakin dosis dan jumlah teh yang akan diambil. Teh Jamur Ajaib Kombucha M70 hanya direkomendasikan bagi Anda yang dalam keadaan “sehat”. Arti “sehat” di sini adalah Anda yang tidak mengidap penyakit atau dalam kondisi seperti yang diutarakan di bawah ini.

1. Orang dengan fungsi hati yang parah. Teh Kombucha bisa dikatakan racun yang sangat kuat dan akan menarik racun dari tubuh Anda, kemudian melewati mereka melalui hati Anda dalam perjalanan keluar melalui feces. Jika hati Anda tidak berfungsi dengan baik, maka mungkin tidak bijaksana untuk mengkonsumsi Kombucha.

2. Anak di bawah 6 tahun. Tubuh anak yang sedang berkembang tidak dapat menerima suplemen dan makanan orang dewasa. Kombucha ini sangat kuat dan tidak boleh digunakan pada bayi. Kombucha juga dapat mengganggu sistem perkembangan kekebalan tubuh bayi dalam beberapa cara.

3. Ibu hamil dan menyusui. Alasannya adalah sama seperti di atas. Gizi dari ibu akan masuk ke anak yang belum lahir dan atau bayi yang sedang disusui. Kombucha dapat merusak sistem perkembangan kekebalan tubuh bayi dalam beberapa cara.

4. Anak-anak. Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi dosis sebelum memberikannya pada anak Anda. Anda juga dapat mencampurnya dengan air, es teh atau jus buah yang sesuai.

5. Pecandu alkohol dalam pemulihan. Banyak pecandu alkohol berkata bahwa minum Kombucha sangat membantu selama periode pemulihan mereka. Bisa dikatakan bahwa Kombucha menghapus keinginan untuk mengkonsumsi alkohol. Namun demikian, Kombucha tetap saja mengandung sejumlah kecil alkohol, biasanya kurang dari 1% menurut volume. Setiap pecandu alkohol pasti tahu bahwa jumlah kecil alkohol dapat memiliki efek negatif pada mereka, jadi berhati-hatilah.

6. Penderita Diabetes. Penderita Diabetes disarankan minum teh kombucha hanya dengan kadar gula rendah. Meskipun sebagian besar gula diubah menjadi komponen lain selama proses fermentasi, sebagian masih tetap sebagai gula dalam teh. Ingatlah ini ketika mempersiapkan diet Anda.

BAGAIMANA MENGENALI JAMUR KOMBUCHA YANG EXPIRED ATAU TIDAK LAYAK KONSUMSI?

Bagaimana cara mengetahui sebuah jamur Kombucha sudah tidak produktif dan mati? Sebenarnya tidak susah amat mengenalinya. Ada 3 cara untuk melihat apakah Kombucha sudah tidak produktif / mati.

1. Kalau kita perhatikan dari fisiknya, mungkin kita tidak akan bisa mengenalinya karena tidak akan ada perubahan yang berarti selain dari warnanya yang semakin lama semakin berwarna coklat tua. Baunya pun tidak berbeda dengan Kombucha yang masih baru. Biasanya semakin gelap warna jamur Kombucha, semakin tua umurnya. Tapi tidak berarti bahwa Kombucha ini sudah mati, tapi biasanya sudah tidak produktif.

SCOBY yang sudah tua

Biasanya Scoby Kombucha menjadi berwarna coklat tua setelah ‘menunaikan tugas’ untuk melakukan proses fermentasi sekitar 5-7 kali.  Apa yang dimaksud dengan ‘Kombucha tidak produktif’?  Silahkan baca point nomor 2.

2. Kalau Anda menggunakan Scoby Kombucha Tua, Anda akan mendapati bahwa baby Kombucha baru yang mengambang di permukaan air hasilnya akan tipis. Dan walaupun sudah walaupun sudah saatnya panen (8-12 hari), tapi rasanya masih belum begitu asam. Bisa saja ini terjadi karena suhu dalam ruangan terlalu dingin bagi Kombucha. Tapi hal ini bisa juga dikarenakan jumlah bakteri dalam jamur Kombucha semakin lama semakin sedikit karena banyak bakteri yang sudah mati. Dengan semakin berkurangnya jumlah bakteri yang ada, maka semakin sedikit alkohol yang diolah menjadi asam. Bahkan dalam kasus yang lebih buruk, Teh manis yang hendak difermentasi terlanjur basi sebelum sempat difermentasi. Nah, kalau Anda punya pengalaman seperti itu, lebih baik Anda seluruh teh dan jamurnya dengan yang baru. Pastikan Anda tahu cara membuat Teh Kombucha yang benar (jika Anda membeli Teh Kombucha M70 akan kami sertakan cara pembuatannya).

3. Cara yang ketiga adalah dengan ‘mencubit’  Scoby Kombucha. Scoby Kombucha yang masih segar akan sulit untuk disobek / dipotong dengan pisau. Tetapi jika dagingnya mudah terkelupas dan menjadi rapuh, berarti bisa dipastikan bahwa Scoby Kombucha tersebut sudah mati / expired.

Expired Kombucha – Daging Kombucha menjadi mudah disobek
Expired Kombucha – Daging Kombucha menjadi Rapuh

Seperti kami katakan pada awalnya bahwa setiap kali memfermentasi Kombucha, dia pasti menghasilkan sebuah baby Kombucha yang baru. Nah, lama-kelamaan stock Kombucha Anda akan menjadi semakin banyak. Betul? Dan Anda akan menumpuk jamur Kombucha tersebut dalam satu toples terpisah seperti pada gambar dibawah ini.

Stock Kombucha

Kami jamin dalam waktu yang stock jamur Kombucha ini tidak akan dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, mungkin sampai 6 bulan lebih. Nah, sebagai jamur kombucha yang cuma ‘duduk di bangku cadangan’ dan tidak menunaikan tugasnya untuk memfermentasi, tapi tetap saja lama-kelamaan dia akan menjadi tidak produktif alias expired. Cara mengeceknya adalah dengan metoda yang nomor 3 tadi diatas.

Nah, akan diapakan jamur kombucha yang sudah expired ini? Anda dapat membuangnya. Atau, kalau Anda merasa sayang untuk membuangnya, Anda dapat mempergunakannya untuk keperluan yang lain. Ada banyak manfaat jamur Kombucha yang mungkin tidak akan Anda pikirkan sebelumnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: